Jumat, 06 Januari 2012

Media Pembelajaran Matematika

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya yang pembaharuan dalam pemanfaat hasi-hasil teknologi dalam proses belajar. Para pendidik dituntut agar mampu menggunakan media yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup kemungkinan bahwa media tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Berbagai macam media pembelajaran merupakan salah satu factor penunjang yang penting dalam proses peningkatan kualitas belajar mengajar.
Untuk mencapai tingkat efisien dan efektivitas yang memadai, salah satu usaha yang perlu dilakukan adalah mengurangi system penyampain bahan pelajaran yang bersifat verbalistik dengan mengembangkan media sebagai alat bantu maupun sumber belajar. Oleh sebab itu penting media perencanaan yang merupakan suatu perencanaan didalam pemilihan media pembalajaran yang lebih baik dan dapat digunakan untuk proses belajar mengajar yang diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai.
Media perencanaan dibuat untuk membantu para pendidik menyampaikan berbagai materi tersusun secara rapi yang dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar pada peserta didik. Berbagai macam media yang disajikan didalam proses belajar mengajar yang dapat membantu perkembangan pendidikan yang lebih maju.
B. Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang masalah di atas dapat diuraikan rumusan masalah,
diantaranya:
1. Jelaskan pengertian media pembelajaran!
2. Apa criteria dan prinsip pemilihan media pembelajaran ?
3. Jelaskan peranan & kegunaan media pembelajaran!
4. Jelaskan fungsi media dalam pembelajaran matematika!
5. Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan media dalam pembelajaran matematika?







BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian media Pembelajaran
¢ Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
¢ Media atau teaching aids atau audio visual aids (A.V.A) adalah alat – alat dalam menolong dalam pembelajaran. Guru menggunakan alat – alat tersebut waktu menerangkan pelajarannya untuk mencegah verbalisme(hafalan atai tidak memahami makna yang jelas)
 Menurut
¢ Blake dan Horalsen ( dalam Arindawati,2004: 44), media adalah saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan antara sumber (pemberi pesan) dengan penerima pesan
 Mc. Luhan, mengemukan
¢ bahwa media adalah saluran (channel), karena menyampaikan pesan (informasi) dari sumber informasi itu kepada penerima informasi.
¢ Hamidjo, media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide sehingga ide atau pendapat atau gagasan yang dikemukan untuk sampai kepada penerima
 Dalam
¢ arti luas media adalah setiap orang, materi atau peristiwa yang memberi kesempatan kepada pembelajar untuk memperoleh pengetahuan, keterampulan dan sikap. Dalam pengertian ini guru, buku teks, lingkungan sekolah termasuk didalamnya.
 Dalam arti sempit, media adalah dibatasi pada
¢ bahan cetak, foto, barang elektronik, alat- alat mekanis, gambar yang disusun dan informasi verbal.
 Dari berbagai pandangan, disimpulkan
¢ bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga memungkinkan terjadi proses belajar
Wujud dan jenis media pembelajaran
 Media pembelajaran dibedakan atas 6 jenis media sebagai berikut,
¢
1. Media Pandang ( visual)
Media pandang meliputi : gambar buram, atau gambar tembus pandang. Gambar buram meliputi : Sketsa, lukisan dinding,chart,grafik dll. Gambar tembus pandang meliputi : slide, dan gambar bergerak
2. Media Dengar ( audio)
Media dengar meliputi: radio dan kaset
3. Media pandang dengar(audio-Visual)
Media pandang dengar meliputi: TV dan Video
4. Media cetak,
Media Cetak meliputi : buku – buku pelajaran, buku bacaan,kamus,ensiklopedia
5. Objek fisik nyata
Objek nyata meliputi lingkungan alam, lingkungan sosial,lingkungan budaya,nara sumber,dan hasil karya siswa
6. Media komputer
B. Kriteria dan prinsip pemilihan media pembelajaran
 Kriteria pemilihan media pembelajaran:
¢
1. Media harus sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Media harus sesuai dengan materi pembelajaran
3. Media harus sesuai dengan strategi pembelajaran/prosedural didaktik
4. Media harus sesuai dengan pengelompokan siswa
 Prinsip pemilihan media yaitu
¢
1. Prinsip efisient/hemat
2. Prinsip ketersediaan
3. Prinsip teknis
4. Prinsip penggunaan
C. Peranan dan kegunaan media pembelajaran
 Media dapat di gunakan dalam PBM dengan dua arah yaitu :
¢
1. Sebagai alat bantu mengajar (dependen media)
2. Sebagai media belajar yang dapat digunakan sendiri oleh siswa (independent media)
D. Fungsi Media dalam pembelajaran matematika
Fungsi media dalam pembelajaran :
 Media dalam konteks komunikasi memiliki fungsi yang sangat luas yakni sebagai berikut :
¢
1. Fungsi edukatif, memberikan pengaruh yang bernilai pendidikan, mendidik siswa dan masyarakat untuk berpikir kritis, memberi pengalaman yang bermakna, serta mengembangkan dan memperluas cakrawala berpikir siswa.
2. Fungsi sosial, memberikan informasi autentik dalam berbagai bidang kehidupan dan konsep yang sama pada setiap orang sehingga dapat mempeluas pergaulan,pengenalan,pemahaman tentang orang,adat istiadat dan cara bergaul.
3. Fungsi ekonomis, dengan menggunakan media pendidikan pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan efesien, penyampaian materi dapat menekan sedikit mungkin penggunaan biaya,tenaga, serta waktu tanpa mengurangi efektivitas dalam pencapaian tujuan
4. Fungsi budaya, memberikan perubahan-perubahan dalam segi kehidupan manusia, dapat mewariskan dan meneruskan unsur-unsur budaya dan seni yang ada di masyarakat.
Menurut Winataputra(Arindawati,2004:47-48), Bahwa media pembelajaran berfungsi sebagai berikut :
1. Untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang lebih efektif
2. Media pembelajaran sebagai bagian yang integral dari keseluruhan proses pembelajaran
3. Media pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan tujuan dan isi pembelajaran.
4. Hiburan dan memancing perhatian siswa
5. Untuk mempercepat proses belajar dalam menangkap tujuan dan bahan ajar secara cepat dan mudah
6. Meningkatkan kualitas belajar mengajar
7. Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkrit dalam menghindari terjadinya penyakit verbalisme.
E. Kelebihan & kekurangan menggunakan media dalam pembelajaran matematika
Adapun kelebihan menggunakan media dalam pembelajaran matematika antara lain:
a. Bahan pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa sehingga memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
b. Metode mengajar akan lebih bervariasi
c. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
d. Motivasi belajar dari para siswa dapat ditumbuhkan / dinaikkan
e. Dapat mengatasi sifat pasif dari para siswa
Adapun kekurangan dalam penggunaan media dalam pengajaran matematika antara lain:
a. Biaya pengadaan
b. Pengalaman seorang guru dalam menggunakan media pengajaran tersebut.



Secara leksikal, media diartikan sebagai alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi dari pengirimkepada penerima  pesan. Untuk mengajarkan matemtika secara efektif  dibutuhkan media yang bervariasidan lebih sesuai. Penggunaan media yang sesuai akan menyebabkan materi yang disampaikan lebih mudah dan lebih cepat diterima oleh anak.
Manfaat penggunaan media dalam pembelajaran matematika antara lain:
1.    Media pengajaran adalah cara yang sangat baik untuk menghasilkan respon emosional.
2.    Memodelkan benda – benda abstrak dalam bentuk yang dapat diamati.
3.    Menyajikan suatu proses yang memuat idealisasi suatu bentuk kejadian.
4.    Meningkatkan daya tarik pelajaran dan perhatian siswa.
5.    Meningkatkan efisiensi waktu pengajaran matematika.

Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran metematika sebenarnya bermacam-macam. Tiap media mempunyai kelebihan dan kekuranganya sendiri dalam mengantarkan suatu pesan/informasi materi pelajaran. Oleh karena itu sebelum memilih media guru harus mengamati kelebihan serta kelemahan media yang akan digunakan, hal ini perlu dilakukan agar guru dapat meminimalkan kelemahannya dan memanfaatkan kelebihannya.

Untuk menghindari kesalahan pemilihan media, media harus mempertimbangkan berbagai segi baik segi kelebihan dan juga kekurangannya. Kriteria pemlihan media meliputi;
a.    Kesesuaian dengan tujuan belajar
secara umum tujuan belajar dapat dikategorikan dalam 5 macam yaitu:
Ø Belajar fakta
Ø Belajar pengenalan visual
Ø Belajar konsep
Ø Belajar keterampilan
Ø Belajar mengembangkan sikap
b.    Biaya
Ada 3 aspek berkenaan dengan biaya pada penggunaan media yaitu;
Ø Pebelian
Ø Pengoprasian
Ø Pemeliharaan

c.    Kesesuaian dengan metode
Dalam memilih media yang sesuai dengan metode, beberapa hal dapat disajikan sebagai bahan pertimbangan
Ø Metode yang mengarah pada pengajaran klasikal
Ø Metode kelompok kecil
Ø Metode individual
d.   Kesesuaian dengan karakteristik siswa
Misalnya dalam penggunaan buku atawpun LKS,guru harus mempertimbangkan kerajinan, kesungguhan dan kesanggupan siswa.
e.    Pertimbangan praktis
Ukuran praktis tidaknya suatu media yang akan digunakan dapat mengacu pada beberapa kriteria yaitu; ditinjau dari segi kemudahan,kesesuaian dengan fasilitas yang ada,keamanan dalam penggunaannya,daya tahan media dan mudah tidaknya perbaikan.
f.     Ketersediaan media
Secara umum ketersediaan suatu media dapat diperhatikan berdasarkan mutu teknisnya, banyaknya, jenisnya, ukuranya, serta suku cadangnya.
g.    Kesiapan guru
Tingkat kesiapan guru dalam memanfaatkan media yang tersedia dapat dilihat dari berbagai faktor seperti;
Ø Kemempuan dalam mengoprasikan
Ø Mengelola penggunaanya
Ø Mengembangkan penggunaanya
Ø Perawatan
Ø Memperbaiki terutama pada kerusakan kecil

Penggunaan media yang bervariasi dapat menumbuhkan daya tarik anak sehingga hasil belajar anak dapat optimal. Sebaliknya penggunaan media yang monoton dapat menyebabkan anak jenuh, bosan, kurang semangat atau rendahnya motivasi belajar sehinnga usaha belajar anak kurang maksimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar